DPRD & Pemerintah sepakati KUPA dan PPAS APBD Tahun Anggaran 2019

Mataram – Nota Kesepakatan tentang Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi NTB tahun anggaran 2019 antara Pemerintah dan DPRD Provinsi NTB telah disepakati dan ditandatangani Gubernur dan Pimpinan DPRD pada Rapat Paripurna yang digelar Rabu malam (17/7/2019) pukul 20.00 wita.

Nota Kesepakatan tersebut ditandatangani oleh Gubernur NTB, Dr. Zulkifliemansyah, Ketua DPRD Hj. Baiq Isvie Rupaeda, S.H., M.H., Wakil Ketua DPRD TGH. Mahali Fikri, S.H., Lalu Wirajaya, dan H. Abdul Hadi, S.E., M.M. disaksikan sekitar 40 orang Anggota DPRD yang hadir dan seluruh undangan baik dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Provinsi NTB, Wartawan, dan masyarakat umum.

Dalam lampiran yang menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari Nota Kesepakatan ini tertuang hal-hal sebagai berikut, Pendapatan Daerah pada APBD Murni Tahun Anggaran 2019 sebesar 5,244 trilyun rupiah, sedangkan di APBD Perubahan sebesar 5,403 trilyun rupiah. Sehingga pendapatan bertambah sebesar 158 milyar rupiah.
Belanja Daerah pada APBD Murni sebesar 5,253 trilyun rupiah, pada APBD Perubahan sebesar 5,499 trilyun rupiah, bertambah sebesar 245 milyar rupiah.
Defisit pada APBD murni sebesar 6,799 milyar rupiah sedang pada APBD Perubahan sebesar 95,783 milyar rupiah. Pembiayaan Netto pada APBD Murni sebesar 6,799 milyar rupiah sedangkan pada APBD Perubahan sebesar 95,783 milyar rupiah, bertambah sebesar 86,984 milyar rupiah.

Gubernur NTB Dr. Zulkifliemansyah menanggapi positif tentang perubahan struktur anggaran perubahan pada 2019 ini. Beliau berpendapat bahwa setiap tahun APBD memang selalu mengalami perubahan, bukan karena perencanaan yang kurang baik, melainkan memang diperlukan penyesuaian seiring dinamika pemerintahan dan pembangunan yang sedang berjalan. Bahkan Doktor Zul mengatakan dalam sambutannya bahwa perubahan tersebut akan menjadi modal mensukseskan seluruh target pembangunan NTB Gemilang pada tahun anggaran 2019. “Dalam kesempatan yang berbahagia ini kami ucapkan terimakasih kepada Pimpinan dan seluruh Anggota DPRD yang telah bersama-sama memberikan fokus perhatiannya serta bekerja merumuskan struktur anggaran yang paling ideal, efektif efisien dan tepat sasaran. Semoga semangat kebersamaan dan semangat bekerja ini akan terus menjadi semangat dalam hati kita semua, semangat untuk bisa senantiasa terus memberikan hal yang terbaik untuk provinsi NTB yang kita cintai ini” tegas Doktor Zul.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan

Boss TimeContent ID