Beranda Berita Pansus RTRW nilai Ekas bisa jadi destinasi wisata kelas dunia

Pansus RTRW nilai Ekas bisa jadi destinasi wisata kelas dunia

25
TGH. Achmad Muhlis bersama H. Abdul Hadi, Ir. H. Misbach Mulyadi dan Jajaran Pemkab. Lotim saat melihat budidaya ikan kerapu di Teluk Ekas (24/10/2020)

Mataram – Nusa Tenggara Barat memiliki keindahan alam yang tak kalah dengan Bali dan daerah lain di Indonesia. Banyak tempat-tempat yang sebenarnya sangat layak menjadi daerah wisata bahkan berpotensi dikembangkan menjadi wilayah pariwisata kelas dunia.

Seperti yang diungkapkan oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi NTB, H. Abdul Hadi, S.E, M.M., saat mengunjungi Teluk Awang, Lombok Timur, bersama Panitia Khusus (Pansus) IV DPRD Provinsi NTB, Kamis, 22 Oktober 2020.

Kunjungan H. Abdul Hadi bersama Pansus IV saat itu untuk mengkaji dan membahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Tata Ruang Wilayah/RTRW Provinsi NTB tahun 2020-2040.

“Pantai Ekas (salah satu wilayah di Teluk Awang) ini sangat berpotensi untuk dikembangkan, bahkan kita akan usulkan masuk ke dalam Kawasan Strategis Provinsi” kata Ustad Hadi, sapaan akrab Wakil Ketua dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Pengembangan wilayah Teluk Awang dan Pantai Ekas ini sebagai bagian dari pengembangan Kabupaten Lombok Timur, imbuh Ustad Hadi. Bersama Pansus IV, Ia juga menginisiasi agar pemerintah merencanakan keterhubungan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dengan wilayah Lombok Timur melalui Teluk Awang ini.

“Kita bisa membangun jembatan yang menghubungkan KEK Mandalika dengan Lombok Timur sekaligus menjadi pintu masuk masyarakat ke Kawasan Ekonomi Khusus tersebut” ungkapnya.

Indahnya alam dan sumber dayanya yang luar biasa sangat memungkinkan untuk pengembangan di berbagai bidang lanjut Ustad Hadi. “Wilayah Ekas dan sekitarnya ini sangat berpotensi dikembangkan di bidang pariwisata, bidang ekonomi, bahkan bidang sumber daya perikanannya juga tak kalah nilainya. Hal inilah yang akan membantu wilayah Lombok Timur bagian selatan untuk dapat berkembang pesat nantinya” ujar Politisi yang telah menduduki jabatan pimpinan DPRD NTB selama 2 periode itu.

Ketua Pansus IV Ir. H. Misbach Mulyadi juga mengungkapkan kekagumannya atas keindahan Pantai Ekas. “Hari ini patut kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah Subhanahu Wata’ala, karena Pansus IV yang di damping Wakil Ketua dapat meninjau potensi Pantai Ekas yang sangat luar biasa” ungkapnya. Ia juga berharap dapat bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur untuk mengkoneksikan KEK Mandalika dengan Ekas, Teluk Awang.

Ketua Pansus IV Ir. H. Misbach Mulyadi, saat menjelaskan Raperda RTRW di hadapan Pemkab. Lotim

Dalam kunjungan ini Misbach juga sangat antusias mengeksplorasi potensi Ekas yang dikatakannya sangat berkelas. Apalagi dari sisi jarak, sangat dekat dengan KEK Mandalika yang sebentar lagi, dunia akan menyorotnya. Sehingga dengan momentum ini, Ia meminta Pemerintah Lotim segera menyusun perencanaan pembangunan jembatan yang akan menghubungkan Ekas dengan KEK Mandalika. Pansus IV RTRW akan mendukung Pemerintah Lotim bahkan sampai ke Pusat. Bahkan ia menegaskan bahwa jembatan tersebut harus terealisasi.

“Sebulan yang lalu Presiden meresmikan jembatan di teluk kendari yang lebih panjang (dari jarak antara Ekas ke Mandalika). Sehingga bukan mustahil jembatan di Ekas ini akan terealisasi. Karena Ekas tidak kalah potensinya dengan Kendari!” Tegas Politisi Golkar itu dengan semangat.

Misbach sangat optimis Ekas akan dilirik oleh pemerintah pusat. Karena menurutnya, potensi Ekas atau Teluk Awang ini sebagai destinasi wisata kelas dunia lebih tinggi dibanding wilayah lain di Indonesia. Apalagi berdekatan dengan KEK Mandalika.

Anggota Pansus IV dari Fraksi PKS, TGH. Achmad Muchlis juga sangat mendukung dibangunnya penghubung dari Ekas ke KEK Mandalika ini. Dia menilai jika dibangun jembatan, diperkirakan panjangnya sekitar 7,5 Km. Di sepanjang jembatan pengunjung atau wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah. “Saya yakin semua turis akan sangat menikmatinya. Insha Allah sebelum kita putuskan Raperda RTRW ini, kita akan undang Gubernur ke sini” ujarnya.

Sementara itu Asisten II Bidang Ekonomi, Sekretariat Daerah Kabupaten Lombok Timur – Drs. Haris, M.Ap mengungkapkan sambutan positifnya serta harapannya kepada Pansus IV yang akan membawa Ekas menjadi bagian dari wilayah strategis provinsi. “Pemerintah Kabupaten Lombok Timur sangat mengharapkan Pansus RTRW dapat membawa Ekas sebagai wilayah strategis provinsi untuk pembangunan masyarakat ke depannya” harap Haris.(mos)

Foto bersama Wakil Ketua DPRD NTB dan Pansus IV bersama Pemkab. Lotim di Ekas (22/10/2020)

 

Potensi komoditas perikanan di Teluk Ekas

 

Salah satu sudut Pantai Ekas

 

Aktifitas keramba nelayan budidaya ikan laut Teluk Ekas