Beranda Berita Ketua Dewan jadi pembicara dalam KKDN Sesko TNI angkatan XLVII

Ketua Dewan jadi pembicara dalam KKDN Sesko TNI angkatan XLVII

197

Mataram – Atas Undangan Komandan Sesko TNI, Ketua DPRD Provinsi NTB, Hj. Baiq Isvie Rupaeda, S.H., M.H. menjadi narasumber dalam acara pembekalan kepada Perwira Siswa Pendidikan Reguler (Pasis Direg) TNI angkatan XLVII dalam Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) Sesko TNI pada Senin, 21 September 2020.

Hj. Baiq Isvie Rupaeda didampingi oleh H. Mori Hanafi, S.E., M.Comm. dan Drs. H. Muzihir beserta Sekretaris DPRD Provinsi NTB H. Mahdi, S.H., M.H.

Pembekalan ini dilaksanakan melalui video conference mengingat saat ini di NTB dan Indonesia umumnya sedang dilanda pandemi Covid-19.

Sesko TNI adalah Sekolah Staf dan Komando Tentara Nasional Indonesia yaitu Lembaga pendidikan tinggi di TNI yang mempunyai visi membentuk Perwira TNI yang handal, profesional dan proporsional. Dengan misi melaksanakan pengkajian dan pengembangan doktrin maupun pendidikan dan latihan TNI.

KKDN ini mengambil tema “Pembangunan Potensi Sumber Daya Nasional” dengan segala karakteristik geografis di daerah untuk menjadi ruang, alat dan kondisi pertahanan Negara yang tangguh dan handal. Serta memperkuat sistim pertahanan Negara yang mampu menghadapi ancaman dan tantangan guna menunjang keamanan kawasan perbatasan negara, wilayah maritim, wilayah daratan dan wilayah dirgantara, termasuk mitigasi bencana alam dan non alam.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD yang akrab disapa Baiq Isvie menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi tinggi atas undangan Komandan Sesko TNI dalam KKDN ini. “Ini luar biasa kami rasakan, diberikan kepercayaan untuk berbicara dihadapan Perwira Siswa Pendidikan regular Sesko TNI angkatan XLVII!”ungkapnya.

Baiq Isvie memaparkan materi dengan tema Peran DPRD Provinsi NTB dalam menjaga kemanan daerah, dengan sub materi tentang Karakteristik Provinsi NTB, Pemerintah Daerah, Sekilas tentang DPRD Provinsi NTB dan perannya dalam Penanggulangan wabah Covid-19, sejalan dengan tema KKDN.

Baiq Isvie juga menjelaskan tentang Peran DPRD Provinsi NTB dalam menjaga stabilitas keamanan daerah dan sub materi ini menjadi sub materi pamungkas sekaligus menandai dimulainya diskusi atau tanya jawab antara Narasumber dan Pasis Direg.

KKDN yang berlangsung selama 1 jam pelajaran (JP) ini memberikan kesempatan kapada 4 orang Pasis Direg untuk melayangkan pertanyaan yang dijawab Baiq Isvie secara bergantian dengan H. Mori Hanafi.

Pertanyaan-pertanyaan dari Pasis Direg terkait dengan tema KKDN, diantaranya adalah tentang bagaimana Tingkat pendidikan masyarakat NTB dan hubungannya dengan pertahanan dan keamanan wilayah, bagaimana pengelolaan Sumber Daya Alam NTB dalam membangkitkan perekonomian masyarakat demi menunjang stabilitas wilayah, bahkan ada juga Pasis yang menanyakan tentang dukungan TNI di NTB apakah memadai atau tidak.