Beranda Berita Dihari Pahlawan, ASN Setwan diharapkan teladani pesan-pesan Pahlawan Nasional

Dihari Pahlawan, ASN Setwan diharapkan teladani pesan-pesan Pahlawan Nasional

30
Detik-detik mengeheningkan cipta pada Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan, 10 Nopember 2020 (Sekretariat DPRD Provinsi NTB)

Mataram – Pesan-pesan Pahlawan Nasional Republik Indonesia yang dibacakan pada Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan, sangat menginspirasi dan diharapkan mampu memompa semangat juang generasi saat ini. Terutama untuk para ASN atau Aparatur Sipil Negara lingkup Sekretariat DPRD Provinsi NTB (Setwan).

Dibacakan oleh Noval Kurniawan, S.H., pada Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan yang digelar Sekretariat DPRD Provinsi NTB pada Selasa 10 Nopember 2020 di halaman depan kantor Sekretariat DPRD Provinsi NTB di Udayana, Mataram, dihadiri oleh seluruh ASN lingkup Setwan.

Beberapa pesan pahlawan nasional tersebut adalah dari Ir. Soekarno, Presiden Republik Indonesia Pertama. “Beri aku seribu orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, dan beri aku sepuluh pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia!” lantang Noval membacakan pesan Pahlawan Nasional yang termasuk salah satu dari Bapak Bangsa (Founding Fathers) Indonesia itu.

Pesan termasyhur dari Pahlawan Nasional Bung Hatta yang juga sebagai Wakil Presiden Pertama adalah “Perjuanganku melawan penjajah lebih mudah, tidak seperti kalian nanti. Perjuangan kalian akan lebih berat karena melawan bangsa sendiri”.

 


 

Sesuai dengan pedoman dari Kementerian Sosial Republik Indonesia, Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan yang digelar oleh Sekretariat DPRD Provinsi NTB ini dimaksudkan untuk mengenang dan menghormati jasa serta perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan.

Sedangkan tujuannya adalah (a) Membangun ingatan kolektif bangsa untuk kemudian menggugah kesadaran masyarakat agar mau meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari, (b) Memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dengan dilandasi semangat dan nilai kepahlawanan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan (c) Meningkatkan rasa kecintaan serta kebanggaan sebagai bangsa dan negara Indonesia.

Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan, Sekretariat DPRD Provinsi NTB, Selasa 10 Nopember 2020

Dengan tema “Pahlawanku Sepanjang Masa” Upacara Bendera yang berlangsung khidmat itu, dipimpin oleh Mardiana, S.Kom, Kepala Sub Bagian Rapat dan Risalah Sekretariat DPRD Provinsi NTB (Setwan).

Bertindak sebagai Pembina Upacara, Muhammad Wildan, A.Ks., M.H., Kepala Bagian Persidangan  Setwan, didampingi oleh Kaharudin, S.H., sebagai Ajudan.

Pengibar bendera merah putih oleh Fathurrahman, Kholik dan Kusmayadi. Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dibacakan oleh Dimeiyanti. Pembacaan Doa oleh H. M. Yani, S.Adm.

Pemandu acara atau MC, oleh Mahfuzoh, S.H., didukung oleh tenaga sound system H. Lalu Sulhan dan Lalu Sumaidi, dan didokumentasikan oleh Ardri Kushendarto, S.E dan Solihin, S.H.

Ditemui setelah Upacara Bendera, Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat, Protokol dan Perjalanan, mengatakan bahwa Upacara Bendera Peringatan hari pahlawan ini penting untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa. “Mari kita jadikan Hari Pahlawan Tahun 2020 untuk memperkuat persatuan dengan saling menghargai. Teladani pesan-pesan Pahlawan Nasional, dan mari mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang bermanfaat bagi kemajuan daerah dan kemajuan bangsa” pesan Lalu Juan Hilary, S.E.(mos)

Pengibaran Bendera Merah Putih pada Peringatan Hari Pahlawan, 10 Nopember 2020 (Sekretariat DPRD Provinsi NTB)
Foto bersama usai Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan, 10 Nopember 2020 (Sekretariat DPRD Provinsi NTB)