Beranda Berita Badan Anggaran DPRD Provinsi NTB Studi Komparatif Pengelolaan APBD ke Jambi

Badan Anggaran DPRD Provinsi NTB Studi Komparatif Pengelolaan APBD ke Jambi

26

Jambi – Sekretariat DPRD Provinsi NTB. Sesuai Jadwal Kegiatan DPRD Provinsi NTB, pada pekan terakhir Januari, masa sidang pertama Tahun 2024 adalah kunjungan kerja Badan-badan ke luar dan ke dalam daerah. Mulai tanggal 31 Januari s.d. 3 Februari 2024.

Salah satunya adalah Badan Anggaran DPRD Provinsi NTB (Banggar). Sebanyak 9 orang Anggota Banggar bersama 1 orang Anggota Badan Pembentukan Perda, memilih kunjungan kerja ke luar daerah, yaitu Provinsi Jambi.

Rombongan Banggar yang dikomandoi Tuan Guru H. Mahalli Fikri ini Studi Komparatif ke DPRD Provinsi Jambi dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Provinsi Jambi.

Politisi senior dari Partai Demokrat itu mengungkapkan bahwa kunjungan kerja Banggar ke DPRD Jambi dimaksudkan untuk studi tiru trobosan-terobosan keberhasilan pemerintah Provinsi Jambi dalam pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja daerah di Provinsi Jambi.

Hal ini dikatakannya saat Tim Banggar disambut dan diterima oleh Ahmad Darmadi – Kasubag Humas dan Protokol DPRD Provinsi Jambi bersama jajarannya, Selasa (1/2/2024) di Ruang Rapat Badan Anggaran DPRD Provinsi Jambi.

Madi, dalam sambutannya yang mengatasnamakan Pimpinan DPRD Provinsi Jambi beserta Sekretaris DPRD Provinsi Jambi, menyampaikan penghormatan dan ungkapan terima kasihnya atas kunjungan kerja Banggar NTB ke Jambi.

“Akhir-akhir ini Jambi memang sedang menjadi primadona daerah lain. Salah satunya mungkin karena pemberitaan yang viral secara nasional tentang Gubernur Jambi yang bersikukuh menghentikan sementara pengangkutan hasil tambang batu bara melalui jalan umum (darat), walapun Dirjen Minerba (Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral) telah melayangkan surat kepada Gubernur Jambi agar mempertimbangkan keputusannya tersebut” cerita Madi membuka sambutannya.

Sambutan dan pelayanan dari DPRD Provinsi Jambi sangat baik. Ada beberapa dokumen permintaan Anggota Banggar NTB sebagai bahan pembelajaran dapat dipenuhi tanpa kendala.

Senada dengan Tuan Guru , H. Moh. Rais Ishak Anggota Banggar NTB dari Fraksi Demokrat, juga menyampaikan hal yang sama saat sesi pertemuan dengan BPKPD Provinsi Jambi.

Haji Rais, sapaan tenarnya, menyampaikan keingin tahuannya terhadap program-program Pemerintah Provinsi Jambi khususnya dalam menggaet pendapatan daerah secara maksimal.

“APBD Jambi ini kan lebih tinggi dari NTB. Apakah pendapatan Jambi ini capaian targetnya selalu 100% atau lebih? Lalu apa saja yang dominan dari pendapatan tersebut?” imbuh Politisi ramah senyum itu.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Eka Ristiawan, Kepala Bidang Perencanaan Anggaran Daerah Wilayah III, BPKPD Provinsi Jambi, dalam penerimaanya mengatakan, capaian Target Pendapatan Daerah Provinsi Jambi di tahun 2023 melewati 100 persen. “Dominannya dari Pajak Daerah pak, seperti PKB dan sejenisnya” terangnya.

Dia juga menambahkan bahwa program Pemerintah Provinsi Jambi yang membebaskan denda atas keterlambatan pembayaran pajak daerah sangat dirasakan hasilnya.

Sebaliknya, masih menurut Eka Ristiawan, pemutihan denda dan pokok pajak atas keterlambatan pembayaran pajak diatas lima tahun tidak lagi diterapkan Pemerintah Provinsi Jambi.

“Pengalaman kami, dengan program ini (pemutihan denda dan pokok pajak yang terlambat 5 tahun), masyarakat jadinya selalu menunggu dan menunggak pajak selama 5 tahun agar mendapatkan manfaat pembebasan ini. Tentunya ini merugikan Provinsi Jambi” pungkasnya.

Rombongan Banggar pada umumnya puas atas sambutan dan penerimaan DPRD Pemerintah Provinsi Jambi dan BPKPD Provinsi Jambi.

Bahkan Pimpinan rombongan, Tuan Guru H. Mahalli Fikri mengatakan jika ada rencana kunjungan kerja DPRD Provinsi NTB lagi, maka Provinsi Jambi akan kembali menjadi pilihan kunker.

“Banyak hal positif yang belum kita gali di sini, mudah-mudahan berikutnya ada kesempatan baik lagi agar lebih banyak yang kita bawa ke NTB” tutup Tuan Guru.

Anggota Banggar yang melakukan Kunker Yaitu, TGH. Mahalli Fikri, SH., Lalu Achmad Yani, SE., H.A. Rahman H. Abidin, SE., Khairudin, H. Moh. Rais Ishak, SH., H. Lalu Pelita Putra, SH., Moh. Akri, S.Hi., dan Ir. H. Misbach Mulyadi, MM., bersama H. L. Hadrian Irfani, ST., M.Si. Serta satu orang Anggota Bapemperda DPRD Provinsi NTB, H. Syamsuddun Majid, SE.

Kunjungan ini difasilitasi oleh Kepala Bagian Keuangan Sekretariat DPRD Provinsi NTB, Sabirin Alam, SE., M.Ak., bersama 4 orang pendamping. (MoS)