DPRD NTB bentuk 9 Fraksi, salah satunya Fraksi BPNR

Mataram – Tidak menunggu lama setelah pelantikan dan pengambilan sumpah/janji Anggota DPRD Provinsi NTB pada Senin lalu (2/9/2019), para wakil rakyat ini langsung bekerja. Terbukti dengan digelarnya Rapat Paripurna pertama dengan agenda penetapan fraksi-fraksi pada Jumat pagi (6/9/2019).

“Sesuai dengan ketentuan pasal 109 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah  dan ketentuan pasal 120 Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota, bahwa untuk mengoptimalkan pelaksanaan fungsi, tugas dan wewenang DPRD serta hak dan kewajiban Anggota DPRD, maka dibentuk fraksi sebagai wadah berhimpun anggota DPRD Provinsi Provinsi Nusa Tenggara Barat” kata pimpinan rapat paripurna Hj. Baiq Isvie Rupaeda, S.H., M.H.

Sebanyak 9 (Sembilan) fraksi telah terbentuk dan diumumkan dalam rapat paripurna yang terbuka dan terbuka untuk umum ini. Fraksi-fraksi tersebut adalah Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar), Fraksi Partai Gerakan Indonesa Raya (Gerindra), dan Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Berikutnya Fraksi  Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Fraksi Partai Nasional Demokrasi (Nasdem), Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) dan terakhir adalah Fraksi Bintang Perjuangan Nurani Rakyat (BPNR) .

Fraksi BPNR merupakan salah satu fraksi yang anggotanya adalah gabungan dari Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).  Hal ini sesuai dengan ketentuan Pasal 120 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2018 tentang  Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota, pada ayat 6 yang menyatakan bahwa, partai politik yang jumlah anggotanya di DPRD tidak memenuhi ketentuan sebagaimana pada ayat 3, anggotanya dapat bergabung pada fraksi yang ada, atau membentuk paling banyak 2 fraksi gabungan.

Fraksi Golkar diketuai oleh Lalu Satriawandi, ST dengan H. Umar Said, S.Ag sebagai Wakil Ketua dan Ir. H. Busrah Hasan, M.M., sebagai sekretaris. Sementara Fraksi Gerindra diketuai oleh Nouvar Furqony Farinduan, S.H., MBA dengan Wakil Ketua Lalu Sudiartawan, S.H. dan Sudirsah Sujanto, S.Pd.B., S.Ip sebagai Sekretaris Fraksi.

Ketua Fraksi PPP dijabat oleh Mohammad Akri, S.Hi., Wakil Ketua oleh Rusli Manawari dan Drs. HM. Adung sebagai Sekretaris Fraksi. Fraksi PKS diketuai oleh TGH. Patompo Adnan, LC., M.Hum dengan TGH. Satriawan, LC., M.A. sebagai Wakil Ketua dan Sambirang Ahmadi, S.Ag., M.Si. sebagai Sekretaris.

Fraksi Partai Demokrat diketuai oleh TGH. Mahalli Fikri, S.H. dan H.A. Rahman H. Abidin, S.E. sebagai Wakil Ketua, sekretaris Fraksi dijabat oleh R. Rahadian Soejono. Pada Fraksi PKB, ketua diamanatkan kepada H. L. Hadrian Irfani, S.T., M.Si dengan wakil ketua Drs. H. Muhammad Jamhur, M.Pd.I dan Akhdiansyah, S.H.I sebagai Sekretaris.

Sedangkan Fraksi Partai Nasdem diketuai oleh Multazam, wakil ketua oleh H. Asaat Abdullah, S.T., dan Raihan Anwar, S.E., M.Si sebagai sekretaris. Fraksi PAN diketuai oleh H. Hasbullah Muis, wakil ketua Ady Mahyudi dan sekretaris A. Kahar Muhammad Rifai, politisi dari Partai Berkarya. Terakhir, Fraksi BPNR diketuai oleh H. Lalu Budi Suryata, SP., wakil ketua oleh H. Raden Nuna Abriadi, S.Ip., dan sekretaris oleh Ir. H. Moh. Edwin Hadiwijaya, M.M.

Selanjutnya dalam sambutannya, Pimpinan Rapat Paripurna yang juga sebagai Ketua Sementara DPRD Provinsi NTB ini menjelaskan bahwa DPRD perlu menyusun Tata-tertib sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas, fungsi, dan wewenang, hak dan kewajian pimpinan dan anggota DPRD. “Guna mengkaji dan membahas tata tertib dimaksud, selanjutnya akan dibentuk tim penyusun tata-tertib DPRD Provinsi NTB yang beranggotakan perwakilan dari masing-masing fraksi” Pungkas satu-satunya Srikandi yang lolos sebagai Anggota Legislatif Provinsi NTB periode 2019-2024 ini.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan

Boss TimeContent ID