DPRD Kota Jambi memilih studi banding ke NTB

Mataram – DPRD Provinsi NTB menerima kunjungan studi komparatif dari Pimpinan dan Anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Jambi. Rombongan diterima oleh Ketua Bapemperda DPRD Provinsi NTB – H. Makmun, S.Pd., S.H., M.Kn., di Ruang Rapat Pleno Kantor Sekretariat DPRD Provinsi NTB, Selasa 7 Nopember 2017.

Agenda kunjungan Bapemperda DPRD Kota Jambi adalah melaksanakan tugas legislasIi Studi Komparatif berkaitan dengan proses legislasi Bapemperda DPRD Provinsi NTB.

Dalam sambutannya – H. Makmun, sangat mengapresiasi kunjungan Bapemperda yang didampingi oleh Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kota Jambi. Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa hubungan antara legislatif dan eksekutif dalam perancangan Perda Provinsi NTB sangat harmonis. Hal ini dibuktikan dengan 22 buah Raperda Provinsi NTB yang telah di usulkan dalam tahun 2017 ini. Sebanyak 10 buah raperda atas usul prakarsa DPRD dimana 6 diantaranya sudah di putuskan menjadi Perda Provinsi NTB dan 12 Raperda atas usul prakarsa eksekutif. DPRD Provinsi NTB selalu menjaga keharmonisasian dengan Pemerintah Provinsi NTB salah satunya dengan cara memberdayakan semua stake holder pemerintah yang terkait dengan usul inisiatif raperda prakarsa dewan, apalagi atas prakarsa eksekutif atau pemerintah. Hal ini sangat bermanfaat terhadap Raperda yang telah diputuskan menjadi Perda sehingga dapat diimplementaskan eksekutif sesuai dengan tujuan.

H. Makmun juga membeberkan bahwa DPRD Provinsi NTB membangun kemitraan dengan Perguruan Tinggi dan Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) dalam mendalami pengkajian-pengkajian Raperda. “Keterlibatan mereka sangat penting bagi keabsahan kajian akademis dan legal standing suatu Raperda, terutama dalam mendalami dan mempelajari muatan-muatan hukum dalam Raperda agar tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku diatasnya” pungkas beliau.

Agenda kunjungan Bapemperda DPRD Kota Jambi di DPRD Provinsi NTB berakhir sekitar Jam 12.00 wita dan dilanjutkan dengan agenda mereka berikutnya yaitu kunjungan ke DPRD Kota Mataram.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan