Core Event Bau Nyale Tampilkan Biota Segare Lauk

Tradisi masyarakat Bumi Tatas Tuhu Trasna Loteng dalam waktu dekat ini akan menggelar gawe rakyat yang disebut Bau Nyale. Dimana, kegiatan Core Event Bau Nyale yang akan dilaksanakan pada 9-10 Februari 2015 mendatang, akan mengangkat tema ‘’Biota Segare Lauk’’ seperti tahun 2014 lalu.

Tema di atas mengandung arti, segala sesuatu yang terkandung di dalam laut atau berhubungan dengan laut, akan ditampilkan dalam acara carnaval sebelum tanggal 9-10 Februari mendatang (puncak acara yang sudah mendunia itu).

‘’Tadi kita sudah rapat kecil. Dalam rapat itu, kita pastikan Biota Segare Lauk kita tampilkan pada acara itu,’’ kata Ketua Panitia Core Event Bau Nyale 2015, HL Supardan kepada wartawan di kantornya, Senin (12/01).

Dalam rapat kecil itu lanjut Sekda Loteng ini, segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan Core Event Bau Nyale dievaluasi pelaksanaannya. Artinya, di mana titik kekurangan untuk diperbaiki agar tidak terjadi kesalahan seperti sebelumnya. Kekurangan itu terus diinventarisir, dan akan dijadikan landasan perubahan lebih baik dari sebelumnya untuk disempurnakan. ‘’Carnaval bertajuk ‘’Biota Segare Lauk’’, akan diikuti oleh semua kecamatan,’’ ungkapnya.

Rapat itu belum menentukan apa saja agenda yang akan ditampilkan. Karena hal itu akan dibahas selanjutnya pada rapat puncak Selasa besok (13/1). Disinggung soal besaran anggaran gawe rakyat yang sudah mendunia itu, Supardan enggan menjawabnya. Karena yang lebih paham adalah Dinas Budpar Loteng.

Sementara itu, Kepala Disbudpar Loteng, HL Putria yang dikonfirmasi mengatakan, anggaran yang disediakan Pemda Loteng untuk memerihakan kegiatan Festival Core Event Bau Nyale tahun ini sebesar Rp220 juta, belum termasuk dana sumbangan dari dinas lainnya seperti kegiatan sepeda santai, lari 10 kilo meter dibantu oleh Dinas Dikpora, Presean, dan acara lainnya.

‘’Nanti akan ada pra acara, pemilihan Putri Mandalika, presean, festival Mutri Mandalika yakni seorang putri cantik mempesona dengan dayang di incar para raja,’’ tegasnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan